MAKALAH
SEJARAH PEMERINTAHAN ISLAM
MASA KHOLIFAH ABU BAKAR AS SHIDIQ
DAN
KHOLIFAH UMAR BIN KHOTOB
Dosen Pengampu
Siswanto Masruri
Disusun oleh;
(11530053)
(11530056)
(11530049)
(11530045)
JURUSAN TAFSIR HADIS C
FAKULTAS USULUDDIN, STUDY AGAMA, DAN PEMIKIRAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011
BAB 1
PENDAHULUAN
segala puji bagi allah yang masih memberikan kesehatan dan kesempatannya kepada kita semua, terutama kepada penulis dkk.sehingga penulis dkk dapat menyelesaikan makala ini dengan tanpa adanya halangan.
Berikut ini penulis dkk akan mempersembahkan sebuah makala yang berjudul “SEJARAH PEMERINTAHAN ISLAM MASA PEMERINTAHAN KHOLIAH ABUBAKAR ASH SHIDIQ DAN KHOLIFAH UMAR BIM KHOTOB”.penulis dkk mengharapkan makala ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua, terutama kepada dosen pengampu study sejarah kebudayaan.
Kepada pembaca yang budiman, jika tedapat kekurangan atau kekurangan dalam penulisan makala ini, penulis mohon maaf karena penulis sendiri masih dalam tahap belajar.
Dengan demikian, penulis ucapkan banyak terimah kasih kepada para pembaca yang budiman.semoga allah SWT memberkahi makalah ini sehingga benar benar bermanfaat.
Yogyakarta,09-10-2011
Penulis
an_falah
LATAR BELAKANG
Sesudah wafatnya Nabi Muhammad SAW perselisihan antar kelompok mulai bermunculan, rebutan kekholifaan menjadi fenomena utama, siapakah yang meneruskan atau menggantikan posisi Kekholifaan Rasulullah SAW?
Perselisihan ini terjadi antara kaum Muhajirin, Kaum Anshor, Kaum Legitimis dan Kaum Aristokat Quraish.
Kaum Muhajirin berargumen bahwa pengganti Rasullah SAW harus berasal dari golonganya karena merekalah kelompok pertama yang mengakui Nabi Muhammad SAW. Sedangkan Kaum Anshor berpendapat jika mereka tidak memberikan perlindungan kepada Nabi Muhammad SAW dan kaumnya, Maka kaum itu akan musnah maka dari itu yang berhak menjadi pengganti nya adalah Kaum Anshor. Kaum Negitinis berpendapat bahwa Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW tidak akan membiarkan umat islam dalam kebingungan mengenai soal kepemimpinan. Sedangkan kelompok Aristocrat Quraish, dimotori oleh Bani Umayah yang memiliki otorites, kekuatan dan kekayaan pada masa pra islam.
Akhirnya, kelompok pertama berhasil menduduki kekholifaan setelah Rasullullah SAW. baiat itu dilakukan setelah tercapainya kesepakatan Abu Bakar, Umar Bin Khotob, Ubaidah Al Jarroh.
Wasiat abu bakar kepada umar “bertaqwalah hai Umar sesungguhnya engkau beramal disiang hari dan tidak menerima amal dimalam hari begitu juga sebaliknya, dan sesungguhnya allah SWT tidak menerima ibadah sunat sebelum kau menunaikan ibada fardlu dan berlakulah adil pada setiap golongan”.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMERINTAHAN ABU BAKAR AS SHIDIQ
PROFIL
Abu Bakar Abdullah bin Abi Kuhafah bin Amir bin Amr bin Kaab bin Sa`ad bin Ta`im bin Murrah bin Ka`ab ibn Lu`ay ibn Ghalib ibn Fihr Al Quraisy At Taimi. Nama Abu Quhafah (ayah Abu Bakar) adalah Utsman.
Abu Bakar lahir 3 tahun setelah tahun gajah atau kira kira 2 tahun setelah kelahiran Nabi. Abu bakar ash sidiq menjadi kholifah pada tahun 632-634 M(2 tahun 3 bulan 11 hari).
SISTEM PEMERINTAHAN
Abu Bakar menjadi kholifah dengan jalan musyawarah antara Sahabat, Muhajirin, Anshor, Bani Hasyim dan pemuka Quraysh.
Factor internal
-Jujur.
-Zuhud.
-Dermawan.
Factor eksternal
-orang yang petama masuk islam.
-sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW.
DAMPAK PEMERINTAHAN TERHADAP UMAT ISLAM
Pada masa pemerintahan Kholifah Abu Bakar, Suku Suku di Yaman, Yamanah,dan Oman tidak mau membayar zakat ke Madinah, dikarenakan setelah wafatnya Nabi SAW dan kecemburuan terhadap bangkitnya Hegonomi Hijaz yang menyebabkan meraka menolak membayar zakat kepada Abu Bakar.
Kemudian Abu Bakar mengambil keputusan dan memberikan 2 opsi terhadap kaum kaum yang menolak membayar kepadanya, yaitu:
Tunduk tanpa syarat.
Diperangi atau dibinasakan.
Langkah selanjutnya Abu Bakar mengirim Kholid Bin Walid untuk memerangi kaum kaum pembangkang zakat, dan dalam kurun waktu 6 bulan, pasukan yang dipimpin Kholid Bin Walid mampu menakhlukan beberapa suku didataran Arab tengah, diantaranya: Thayi, Asad, Tulayyah,dan Bani Hanifah yang menjadi pengkut setia nabi palsu yaitu Musailama Al Kadzab.
Terjadi perang riddah yang menyebabkan penetralisiran kawasan Jazirah Arab dari kaum yang murtad.karena setelah Nabi wafat,mulai terlihat terbentuknya Firqoh Firqoh yang oposisi terhadap pemerintahan Abu Bakar As Shidiq.
KEMAJUAN YANG DICAPAI
Pengiriman pasukan perang yang dipimpin Usama Bin Zaid kenegri Syam.
Membersihkan masyarakat islam di Jazirah Arab dari pengaruh kemurtadan(Ruddah).
Perang terbesar (Yarmuk)yang dipimpin oleh Zaid bin Zaid pada tahun 13 H antara kaum muslimin (45ribu pasukan) Vs Kaum Romawi (250ribu pasukan).
Kodifikasi Qur`an dalam satu mushaf(Usman bin Affan,Zaid bin Zaid,Ubai bin Ka`ab,Muad bin Jabal dan Abu Zaid).
Penunjukan kholifah .
DAERAH KEKUASAAN
Negri Syam, Makkah,Tha`if,Shan`a,Kalian,Bahrain,Daulamatul Jandal,Jarshy,dan Najran.
WAFATNYA ABU BAKAR ASH SHIDIQ
Akhirnya abu bakar meninggal padda tanggal 23 agustus 634 M di Madina pada usia 63 tahun.Abu Bakar dimakamkan di rumah Aisyah didekat masjid Nabawi, disamping makam Rasulullah.
(Ibnu katsir tidak menuliskan biografi ash-shidiq,tetapi beliau hanya memberikan petujuk dalam kitabnya al-bidayah wan-nihayah kepada sebuah kitab yang dikaranganya khusus membahaskehidupan abu bakar,hari harinya, hadis dan hukum yang diriwayatkanya.namun saya(dr.muhammad bin shamilas-sulami) tidak mendapatkan buku ini .akhirnya terpaksa haurus saya kumpulkan secara ringkas tentag biografi kholifa abu bakar ash shidiq.)
PEMERINTAHAN KHOLIFAH UMAR BIN KHOTOB
PROFIL
Umar bin Khotob bin Nufail bin Abdul `Uzza bin Rabah bin Durth Razah bin Ady bin Ka`b bin Lu`ay ibn Shalib ibn Fihr Al Adawi Al Quraisyi.
Beliau masuk islam pada tahun ke-6 kenabian. ketika itulah berusia 27 tahun. periode 634- 644 M(10 tahun)yaitu pada hari selasa tepatnya 22 jumadil akhir 13 H.
SISTEM PEMERINTAHANYA
Berdasarakan wasiat,kholifah Umar bin Khotob tergolong jiwa yang
Factor internal
-Pemberani.
-Zuhud.
-Tidak diskriminatif.
Factor eksternal
-Tipe pemimpin yang ideal setelah Kholifah Abu Bakar berdasarkan sumber sumber dan pendapat.
DAMPAK PEMERINTAHAN TERHADAP UMAT ISLAM
Beliau merupakan sesosok pemimpin yang sangat disegani dan berwibawa dalam kepemimpinanya.sehingga pada saat peperangan kaum mjuslimin banyak mendapatkan kemenangan dan menambah daerah kekuasaan,diantaranya :
Perang namarik yang dipimpin oleh abu ubaid.
Perang jisr yang dipimpin oleh abu ubaid bin mas`ud.
Perang buaib yang dipimpin oleh musanah bin haritsah melawan pasukan Persia yang dipimpin oleh mehram pada bulan romadlon 13 H.
Perang hanafis yang dipimpin oleh musanah bi haritsah.
KEMAJUAN YANG DICAPAI
Menetapkan penanggalan Islam(Qomariah) mendirikan Baitul Maut,memerintahkan Solat Tarawih pada malam Romadlon,Solat Jenazah dengan 4 takbir,membangun kota kota Admiistrasi,mengambil zakat kuda dan melarang penjualan budak.
DAERAH KEKUASAAN
Mesir,Persia,wilayah jalula kota Madina,Halwan,Tikrit dan Moshel,Kufah dan Bashrah,Irak.
WAFATNYA UMAR BIN KHOTOB
belum ada musibah sebesar ini yang menimpa umat islam setelah kepergian rosulullah.Umar ditikam oleh seorang pria Majusi bernama Abu Lukluah budak Mugdirah Ibn Syu`bah.pembunuhan Umar ini mengguncang kaum muslimin.umar terbunuh ketika umat islam masih membutuhkan seorang pemimpin yang adil,kholifa yang selalu mendapat petunjuk dan ilham, seorang panglimah yang pemberani yang dengan kecerdasanya dan keahlianya telah membawa kaum muslimin meraih kemenangan demi kemenangan serta mengentaskan umat dari lilitan masalah dari kejeniusan yang luar biasa dan pendapatnya yang tajam Umar menyamakan rakyatnya baik yang kaya dengan yang miskin allah memberikan ilham kepada kholifah kedua ini untuk mengatur urusan Negara menyusun pemerintahannya dan menunjuk pejabat pejabat yang kompeten untuk menjadi gubernur di berbagai wilayah.
BAB III
PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubunganya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman khususnya dosen pengampu memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi pada penulis khususnya juga para pembaca yang budiman beserta dosen pangampu study sejarah kebudayaan islam.
DAFTAR PUSTAKA
K.hitti,Philip.history of the arabs.Serambi,Jakarta:2010.
Mahmoud al Akkad,Abbas.kecemerlangan umar bin khatab.Bulan Bintang, Jakarata: 1978.
Muhammad Sholabiyyi,sirah amirul mukminin.Darul Ma`rifah. Bairut,Lebanon: 2006
As-syuyuthi,Tarikh khulafa`. Pustaka Al Kautsar,Jakarta: 2005
Dr.quraibi,Ibrahim.tarikh khulafa`. Qisthi Press,Jakarta: 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar